Halaman

Sabtu, 12 Juli 2008

- THE AUTHOR’S WORLD VIEW “IN THE MAYOR OF CASTERBRIDGE” A GENETIC STRUCTURALISM APPROACH




By
Devi Vivianingrum
NIM 03026070

ABSTRAK

Novel yang digunakan dalam analisis ini adalah The Mayor Of Casterbridge. Analisis ini memberikan fokus terhadap cara pandang pengarangnya. Tujuan utama dalam penulisan ini adalah tentang bagaimana cara pandang pengarang yang di refleksikan dalam novel The Mayor Of Casterbridge berdasarkan teori Genetic Structuralism. Penulisan ini di dasarkan pada analisis struktur elemen yang ada pada novel dan menggambarkan pandangan pengarang di dalam cerita novel yang didasarkan pada teori Genetic Sructuralism.

Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penulisan ini adalah novel The Mayor Of Casterbridge karya Thomas Hardy. Data primer adalah novel The Mayor Of Casterbridge itu sendiri dan data sekunder berasal dari sumber lain yang berhubungan dengan analisis data seperti buku tentang teori literature dan tentang teori Genetic structuralism. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif analisis.

Hasil dari penulisan ini menyatakan bahwa ada hubungan yang erat di antara novel dan kondisi sosial yang terjadi di Inggris. Dalam novel The Mayor Of Casterbridge, Thomas Hardy menggambarkan bagaimana dampak revolusi industri membawa keadaan yang menegangkan diantara tradisi dan perubahan pada awal abad sembilan belas di Inggris dimana terjadi dampak yang tidak menguntungkan atas terjadinya revolusi industri.

Tidak ada komentar: